Pertemuan Koalisi Think Climate Indonesia

21 Sep 2021
Foto: dok. Inception Meeting

 

Koalisi Project Think Climate Indonesia yang didukung oleh Lembaga Think Tank International, IDRC dan Oak Foundation, memasuki awal baru. Pada 21, 22 dan 27 Juli 2021 lalu, IDRC menggandeng lembaga fasilitator international, Inclusive Innovation mempertemukan IDRC, Oak Foundation dan mitra penerima manfaat (KEMITRAAN, WRI, PATTIRO, KotaKita dan Inobu dengan melakukan Inception Meeting.

Tujuan utama dari diadakannya Inception meeting ini adalah untuk menyamakan persepsi, berbagi pengetahuan, inisiatif dan rencana yang akan dilakukan dalam implementasi kegiatan dari masing masing mitra. Disisi lain, acara ini juga ditujukan untuk membangun kebersamaan dari para mitra dan saling mengenal satu sama lain, sehingga dapat berkolaborasi bersama dalam membangun suasana koalisi yang kondusif dan mendukung satu sama lain untuk mencapai tujuan dari inisiatif ini.

 

Santiago Alba Corral,  IDRC Climate-Resilient Food System, Program Director ketika memberikan sambutan

Santiago Alba Corral,  IDRC Climate-Resilient Food System, Program Director ketika memberikan sambutan

 

 

Sahba Chauhan, Climate Engagement Program Manager IKEA Foundation, sebelumnya menjabat sebagai Climate and Energy Programme Officer di Oak Foundation

Pembukaan Inception Workshop diawali dengan sambutan dari Mélanie Robertson Ph.D, Program Specialist dari IDRC sekaligus PIC dari Project Think Climate Indonesia, dilanjutkan dengan serangkaian keynotes dari dari Anindya Chatterjee, IDRC Asia Regional Office Director; Santiago Alba Corral, IDRC Climate-Resilient Food System, Program Director; Sahba Chauhan, Climate Engagement Program Manager IKEA Foundation, yang sebelumnya menjabat dari Climate and Energy Programme Officer di Oak Foundation. Selanjutnya diteruskan dengan perkenalan tim dari masing masing organisasi mitra penerima manfaat.Pendekatan acara ini sangat unik dan bersifat kolaboratif. Dimulai dari substansi yang mendorong berfikir futuristik tentang perubahan iklim, mengidentifikasi keunikan dan kekuatan organisasi, serta menguatkan teknik presentasi yang dilengkapi dengan berbagai tips, diskusi masukan, umpan balik baik dari fasilitator, IDRC maupun sesama mitra. Yang tidak kalah menarik metode acara ini dilengkapi dengan platform interaktif kisstorm, kahoot dan video menarik lainnya.

Di akhir, seluruh peserta memberikan pesan positif bahwa acara tersebut telah memunculkan kesamaan ketertarikan, visi dan misi di antara mitra. Ditambah lagi, acara ini sukses memunculkan ide-ide kolaborasi untuk berbagi pengetahuan, pengalaman serta pengelolaan kegiatan riset pada masing-masing organisasi.

 

Temukan cerita lengkapnya pada link brosur di sini.

 

Kegiatan ini didukung oleh: