KEMITRAAN Masuk Dalam Daftar 2020 Think Tank with The Most Significant Impact on Public Policy

04 Mar 2021

Kemitraan-Pembaruan bagi Tata Pemerintahan mendapat pengakuan dunia internasional. Dalam Laporan Global Go To Think Tank Index (GGTTTI) 2020, Kemitraan masuk dalam kategori 2020 Think Tank with The Most Significant Impact on Public Policy, yaitu salah satu organisasi masyarakat sipil yang mampu memberikan dampak paling signifikan dalam kebijakan publik di Indonesia.

 

Indeks ini dikembangkan oleh Think Tanks and Civil Societies Program (TTCSP) dari Lauder Institute di University of Pennsylvania, Amerika, yang secara konsisten melakukan penelitian tentang peran yang dimainkan oleh lembaga kebijakan di pemerintah dan masyarakat sipil di seluruh dunia. Sering disebut sebagai "think tank", TTCSP meneliti peran dan karakter yang berkembang dari organisasi penelitian kebijakan publik.

 

Selama 30 tahun terakhir, TTCSP telah mengembangkan dan memimpin serangkaian inisiatif global yang telah membantu menjembatani kesenjangan antara pengetahuan dan kebijakan publik seperti perdamaian dan keamanan internasional, globalisasi dan pemerintahan, ekonomi internasional, masalah lingkungan, informasi dan masyarakat, pengentasan kemiskinan dan perawatan kesehatan dan kesehatan global.

 

Upaya kolaboratif internasional ini dirancang untuk membangun jaringan lembaga dan komunitas kebijakan regional dan internasional yang meningkatkan pembuatan kebijakan sambil memperkuat lembaga demokrasi dan masyarakat sipil di seluruh dunia.

 

TTCSP bekerja sama dengan cendekiawan dan praktisi terkemuka dari lembaga think tank dan universitas di seluruh dunia, dalam berbagai upaya dan program kolaboratif serta menghasilkan Indeks Global Go To Think Tank tahunan yang memberi peringkat lembaga think tank terkemuka dunia dalam berbagai kategori. Indeks ini sering digunakan untuk mengidentifikasi dan mengenali pusat-pusat keunggulan dalam penelitian kebijakan, menjalin kemitraan pengetahuan dan kebijakan.

 

Dikutip dari laporan GGTTTI 2020, Direktur TTCPS James G. McGann menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi atas dukungan yang diberikan oleh lebih dari 11.000 lembaga Think Tank, serta 3.974 akademisi, jurnalis, pembuat kebijakan, cendekiawan, eksekutif lembaga Think Tank, dan lembaga donor.

 

GGTTTI 2020 memberikan ranking berdasarkan tiga kelompok kategori besar yaitu berdasarkan wilayah/region (8 sub-kategori), berdasarkan fokus penelitian (15 sub-kategori), dan berdasarkan prestasi khusus (20 sub-kategori).

 

Sebanyak 37 lembaga Think Tank asal Indonesia ikut dinilai dalam GGTTI 2020. Selain Kemitraan, ada 8 lembaga lainnya dari Indonesia yang mendapatkan ranking dari berbagai kategori dan subkategori dalam GGTI 2020 ini.

 

Lihat Laporan lengkap GGTTTI 2020: https://repository.upenn.edu/think_tanks/18/