Buku Panduan Pengarusutamaan Gender dan Inklusi Sosial

19/04/2021

Panduan ini berisi konsep-konsep dasar, langkah-langkah dan berbagai perangkat yang dapat digunakan dalam pengarusutamaan gender dalam siklus pengelolaan Program Desa Peduli Gambut. Panduan ini disusun dengan mengadopsi Panduan Pengarusutamaan Gender dalam Siklus Pengelolaan Program yang disusun oleh Mia Siscawati untuk Kemitraan pada tahun 2015 yang dikembangkan untuk mengikuti konteks lingkungan yang menjadi fokus program ini, yaitu ekosistem gambut. Dalam penyusunannya, upaya untuk melakukan integrasi gender dalam pengelolaan program DPG sepanjang tahun 2019 menjadi bagian dari pelajaran untuk memberikan konteks dan contoh-contoh yang lebih spesifik.

Panduan ini disusun untuk menjadi rujukan bagi pendampingan Desa Peduli Gambut baru ataupun program lainnya yang berfokus pada ekosistem gambut, dengan perangkat yang memasukkan contoh-contoh dari proses yang telah dilakukan pada Desa Peduli Gambut yang telah selesai masa programnya.

Panduan ini merupakan dokumen hidup, yang dapat terus diperbaharui dan dipertajam dengan bertambahnya pengalaman pendampingan perspektif gender di lapangan.

 

Buku Panduan Pengarusutamaan Gender dan Inklusi Sosial dapat didownload di sini.