Artikel

Cetak

Komitmen Anggaran

Komitmen terhadap Kesehatan

Tren variasi yang lebar antar provinsi terkait alokasi anggaran juga terjadi pada komitmen pemerintah provinsi terhadap kesehatan. Alokasi anggaran tertinggi disandang oleh Bangka Belitung sebesar Rp 166,459.- per kapita per tahun dan terendah oleh DIY sebesar Rp 5,807,- per kapita per tahun.

Komitmen terhadap Pendidikan

Meskipun secara rata-rata komitmen pemerintah provinsi terhadap pendidikan seakan-akan cukup tinggi, yaitu Rp 188.711 per siswa per tahun (dihitung WAJAR 9 Tahun), namun pada kenyataannya semua provinsi masih mengalokasikan anggarannya di bawah 20% dari total APBD. Itu pun termasuk di dalamnya anggaran untuk aparaturnya. Alokasi tertinggi hanya mencapai 14% (termasuk anggaran aparatur) atau 13% (dengan mengeluarkan anggaran aparatur) dari total APBD. Alokasi terendah hanya mencapai 1% dari total APBD. Ditambah lagi ternyata terdapat variasi yang sangat besar antar provinsi terkait pengalokasian anggaran ini. Alokasi terbesar disandang oleh Aceh dengan jumlah Rp 954.510,- per siswa per tahun sedangkan terendah adalah NTB dengan alokasi hanya Rp 4.511,- per siswa per tahun.

Komitmen terhadap Kemiskinan

Tren yang sama juga terjadi pada komitmen pemerintah provinsi terhadap alokasi anggaran untuk pengentasan kemiskinan. Alokasi tertinggi disandang oleh Bali sebesar Rp 365.757,- per penduduk miskin per tahun serta alokasi terendah oleh NTT sebesar Rp 20.900,- per penduduk miskin per tahun.